Kamis, 21 November 2013

CARA MENGINSTALL UBUNTU MELALUI VIRTUALBOX


1. install virtual clone terlebih dahulu  dan biarkan default (tidak perlu disetting)
Proses-Install-Virtual-Clone-Drive2. setelah selesai lanjut dengan install virtualbox  dan pastikan anda mngizinkan /konfirmasi  penginstallan semua driver dari virtualbox ini.
Install-Virtual-Network-Adapter-USB-Drive3- setelah proses penginstalan selesai  lajutkan dengan membuat virtual PC dan hardisk di dalam komputer anda dengan lahkah berikut.
- pertama  mount dari file iso menjadi virtual drive menggunakan virtual clone derive dengan cara klik kanan file iso ubuntu yang tadi anda download lalu pilih  mount virtual clone drive(i) pada contoh ini kita pakai drive (i) perhatikan gambar
Mount-Virtual-Drive4. buka aplikasi virtualbox yang tadi kita install lalu buat sebuah virtual drive dengan cara klik  tombol NEW di pojok kiri atas aplikasi virtualbox.
lalu beri nama virtual PC anda sesuai keinginan anda. seperti contoh dibawah ini.
Membuat-Virtual-drive5. setelah selesai bemberi nama klik tombol NEXT.
lalu tentukan RAM yang akan kita pakai dalam virtual PC tadi.biarkan saja secara defaul atau anda bisa menambah sesuai keinginan anda dengan syarat tidak melebihi area hijau  lihat contoh:
RAM-Virtual-Box6. setelah selesai klik tombol NEXT
selanjutnya anda akan diminta menentukan hardisk virtual . biarkan saja default klik CREATE saja
Create-Virtual-Drive7. anda akan diminta memasukkan type disk .saya sarankan anda memilih FIXED SIZE seperti contoh ini
Fixed-Virtual-Drive8. klik tombol NEXT untuk melanjutkan .dan pada langkah selanjutnya klik saja CREATE biarkan secara default
Ukuran-Virtual-Drive9. untuk jenis type hardisk virtual pilih saja VDI (virtualbox disk image) biasanya ini akan terpilih secara otomatis.
VDI-Virtual-drive10. silahkan sediakan kopi dan makanan ringan karena setelah anda tekan tombol NEXT anda akan menunggu sampai pembuatan drive virtual selesai beberapa menit ..
Virtual-Disk11. jika sudah selesai minum kopi dan makanan ringan tentu saja proses pembuatan virtual tadi sudah selesai kan..? selanjutnya anda boleh melakukan setting pada virtual PC anda yang tadi anda buat. tapi menurut saya biarkan saja secara default . nah sekrang kita instal linux pada virtualbox  dengan cara klik tombol START  yang ada di atas
Setting-Virtual-Drive12. jika anda memilih secara defaul anda akan sampai ketahap instalasi linux . dan anda akan di minta untuk menetukan drive CD?DVD Room . biasanya secara otomatis aplikasi akan memilih drive (i) karena tadi kita mount file iso ubuntu ke drive (i). anda pilih saja drive (i)
lalu ikuti saja proses penginstalan linux sampai selesai..( jangan lupa kopinya diminum dulu atau main facebook dulu karena butuh beberapa menit lamanya proses itu selesai hehehehe)
Install-Ubuntu-di-Virtual-Box-PC-Komputerjangan takut untuk melakukan konfigurasi saat penginstalan  baik itu system maupun partisi karena ini hanya berada di virtualbox saja  dan tidak akan merusak system windows anda.
pada tahap ini pekerjaan kita sudah selesai..dan selamat menikmati OS baru anda hehhe ..langkah ini yang paling aman dalam mencoba menggunakan linux baik itu untuk belajar maupun hanya untuk iseng2 saja ingin tau seperti apa linux itu. karena banyak cara untuk mencoba linux dan banyak cara menginstal linux di windows  anda bisa cari cara lain untuk mencari pengalaman.