Kamis, 21 November 2013

Macam - Macam Persefektif

Persefektif 1 titik hilang
Perspektif Satu Titik Hilang
Perspektif ini terjadi jika kita melihat sebuah benda dengan garis pusat pandangan tegak lurus terhadap salah satu permukaannya dan garis-garis vertikal dan horizontal yang sejajar dengan bidang gambar tetap vertikal dan horizontal. Garis-garis horizontal yang menjauh dari kita jika diperpanjang akan tampak bertemu di titik pusat pandangan.


Persefektif 2 titik hilang 
Perspektif Dua Titik Hilang
Secara teknis hampir sama dengan satu titik hilang. Teknik ini menggunakan dua titik fokus pada garis horizontal. Persimpangan garis yang berasal dari dua titik hilang ini akan membentuk sebuah sudut. Jika jarak antara dua titik hilang tersebut terlalu dekat, akan terjadi distorsi dalam penampakan objeknya.
Jika kita berpindah sudut pandang sehingga objek yang sama dilihat agak menyamping tetapi tetap mempertahankan garis pusat pandangan secara horizontal, garis-garis vertikal akan tetap vertikal. Kedua kumpulan garis horizontalnya sekarang menjadi miring terhadap bidang gambar dan tampak memusat, sekumpulan ke sebelah kiri dan yang lain ke sebelah kanan.

Persefektif Tiga Titik hilang 
Dengan perspektif tiga titik hilang, dimensi objek akan semakin jelas dan akurat, tapi distorsi penampakan objek semakin besar. Karena itu, sebaiknya titik hilang ditentukan agak jauh dari bidang gambar.
Jika kita condongkan benda sehingga terangkat dari bidang dasar, atau kita pindahkan garis pusat pandangan untuk melihat ke bawah atau ke atas benda, maka ketiga kumpulan garis akan tampak miring terhadap bidang gambar dan memusat pada ketiga titik hilang
.